Basic level main yoyo!!!!!!


Artikel ini q ambil dari satu blog yang q pgn berterima kasih bgt buat mereka yang udah bersusah payah menulis dan memberikan informasi tentang trik-trik main yoyo, q lupa pa nama blognya. Tapi q harap bgt ma penulisnya untuk tidak marah dan kepada para pembaca agar mengetahui bahwa isi blog ini bukan buatan saya, cz saya cuma spiner amatir yang baru belajar dan artikel ini hanya menyalurkan kepada orang-orang yang mungkin juga ingin belajar bermain yoyo yang baik dan benar, dari pada main narkoba dan merusak tubuh lebih baik bermain yoyo aja!!!!!

Langsung aja kepokok permasalahan, dalam trik yoyo ada 3o buah trik yang memiliki tingkat kesulitan tertentu, dan 30 trik ini dibagi menjadai 3 kelompok, basic level (yang akan dibahas disini), super lebel dan hyper level. Setiap level memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Marilah kita bahas trik dasar (basic level). Dalam level ini mencakupi :  Sleeper, Forward Pass,  Walk the dog,  Creeper,  Rock the Baby,  Around the World,  Loop the Loop,  Breakaway, Elevator,  Rocket. Mulai dari sini saya isi dengan saduran yang saya tulis diatas tadi…….

BASIC LEVEL..!!

1.Sleeper
Trik dasar yang paling penting untuk dikuasai, walaupun sederhana. Soalnya trik ini merupakan unsur utama dari kebanyakan trik yoyo lainnya.
a.Genggam yoyo dengan gaya seolah-olah kita ingin menonjolkan otot tangan kita.
b.Pastikan ujung gulungan tali yoyo yang menuju ke jari nampak di tangan kita, karena hal ini juga menentukan berhasil/tidaknya lemparan.
c.Ayunkan tangan ke arah depan, begitu mencapai ketinggian dada, segera putar pergelangan tangan (sehingga telapak menghadap ke bawah) sambil menyentak yoyo.
d.Kalau langkah di atas dilakukan dengan benar, yoyo akan berputar di ujung tali. Istilahnya, “Sleep”.
e.Sentak tali yoyo supaya yoyo kembali naik ke atas sebelum putarannya habis.
TIPS: Pelajari trik ini sungguh-sungguh. Usahakan kamu bisa melakukan sleeper lebih dari 10 detik. Tergantung juga dengan jenis yoyo yang dipakai. Kalau yoyo yang kamu pakai adalah jenis transaxle seperti ball-bearing atau brass transaxle, usahakan setidaknya mencetak rekor sleep sampai 1 menit atau lebih. Sementara untuk yoyo poros kayu atau poros besi yang non-transaxle (sperti wooden fixed, brass fixed, atau metal fixed) tidak semudah itu untuk melakukan sleep sampai lebih dari 1 menit ^^ Seringlah melatih kekuatan lemparan dan keseimbangan sleeper

2.Walk the Dog
Trik dasar yang satu ini cukup fun untuk dilakukan. Kalau sudah lancar melakukan sleeper, tentunya akan sangat mudah melakukan trik ini.
Sesuai namanya, trik ini akan membuat kamu seolah-olah menuntun seekor anjing ^^
a.Lakukan trik Sleeper
b.Saat yoyo berputar di ujung tali, sentuhkan dengan lantai, maka yoyo akan menggelinding di lantai.
c.Ikuti yoyo yang menggelinding, untuk memastikan tali yoyo tidak menegang, karena kalau tali yoyo menegang yoyo akan langsung naik ke atas.
d.Sentak tali untuk mengembalikan yoyo sebelum yoyo berhenti berputar.

3.The Creeper
Yang satu ini perkembangan selanjutnya dari Walk the Dog. Trik ini akan membuat yoyo seolah-olah merambat ke tangan kita.
a.Lakukan Sleeper
b.Ayun yoyo ke belakang sedikit, lalu ayun ke depan sambil menyentuhkannnya dengan lantai.
c.Yoyo akan  berjalan di lantai seperti dalam trik Walk the Dog.
d.Membungkuklah sehingga tali yoyo akan terus tertarik sampai posisi horisontal
e.Sentak yoyo untuk mengembalikannya ke tangan dalam posisi horisontal.

4.Forward Pass
Pastikan yoyo kamu cukup responsif. Kita akan mempelajari dasar melempar yoyo ke arah depan.
Lucu juga kalau dipakai untuk menakut-nakuti kawan kita, karena trik ini membuat yoyo seolah-olah mental ke depan^^
a.Genggam yoyo seperti biasanya, tetapi hadapkan telapak tangan ke belakang. Posisi tangan di samping.
b.Gerakkan tangan ke arah depan, begitu posisi tangan sudah sejajar dengan pandangan mata, lepaskan yoyo
c.Yoyo akan terlempar lurus ke arah depan. Segera sentak begitu yoyo mencapai ujung tali, dan tangkap.
TIPS: Cobalah melatih melakukan forward pass ke beberapa sudut. Lebih hebat kalau bisa melakukan forward pass ke arah atas (vertikal)
dan menangkapnya lagi dalam garis lurus.

5.Breakaway
Mirip dengan Sleeper, tapi kita melakukan lemparan ke samping sambil mengayun yoyo
a.Genggam yoyo dnegan posisi tangan seperti akan melakukan sleeper, tapi posisi tangan di samping, seperti ingin menonjolkan otot.
b.Lempar yoyo ke samping dengan lurus, begitu yoyo terlepas dan sleep, ayun tali ke samping membentuk setengah lingkaran.
c.Begitu mencapai setengah lingkaran, sentak yoyo agar kembali ke tangan.

6.Rocket
Trik ini akan membuat yoyo terlempar tinggi di udara..tapi tergantung juga sampai seberapa tinggi kamu melemparnya, hehe..
a.Lakukan trik Sleeper
b.LEpaskan ikatan tali di jari tangan.
c.Genggam ujung tali yoyo, dan sentakkan yoyo sehingga bergerak naik ke atas.
d.Tepat sebelum yoyo mencapai tangan, segera lepaskan tali, sehingga yoyo akan terlempar di udara.
e.Tangkap yoyo.

7.Elevator
Ayo buat yoyo kamu menanjak ke atas seperti naik lift!
a.Lakukan sleeper
b.Tempatkan telunjuk kiri di belakang tengah-tengah tali
c.Pindahkan tangan yang mengendalikan yoyo ke belakang sehingga posisinya sejajar dengan yoyo
d.Gerakkan tangan yang mengendalikan yoyo ke bawah sehingga yoyo seperti naik ke atas

8.Around the World
Dengan trik ini kita akan keliling dunia..Hati-hati harap perhatikan apakah ada objek/orang lain yang berada di sekitar kita sebelum melakukan trik ini.
a.Lakukan gerakan forward pass, tapi usahakan melemparnya agak kencang dan jangan sampai memantul lagi
b.Langsung ayun yoyo ke belakang sehingga mengelilingi kita. Bila dilakukan benar, yoyo akan sleeper sambil terayun.
c.Ketika yoyo kembali ke posisi depan, tarik supaya yoyo kembali ke tangan

9.Rock the Baby
Trik ini cukup terkenal dalam permainan yoyo. Mengayun bayi!
a.Lakukan Sleeper
b.Tempatkan tangan yang tidak mengendalikan yoyo di depan tengah-tengah tali
c.Dengan tangan yang mengendalikan yoyo, ambil tali beberapa senti dari yoyo sambil melewati tangan yang tidak mengendalikan yoyo.
d.Tegakkan bentuk segitiga dan ayun yoyo di tengah-tengah segitiga tersebut

10.Loop the Loop
Trik ini masih memerlukan yoyo yang memiliki respon yang baik. Kita akan melakukan trik dasar yang akan sangat keren kalau dilakukan berulang-ulang.
a.Lakukan Forward pass.
b.Begitu yoyo terlempar ke depan, sentak agar kembali ke tangan, tapi jangan tangkap
c.Sebelum yoyo mencapai tangan, putar pergelangan tangan untuk membuat yoyo terlempar lagi ke depan.
d.Lakukan berulang-ulang dan lihat berapa kali kamu bisa melakukan Loop the Loop

About these ads

4 Komentar to “Basic level main yoyo!!!!!!”

  1. Makash bgt triknya.Kalo merk proyo bgs ga?

  2. aduh mas, mav dan makasih banget udah ngasih koment diblog saya……
    tp saya cuma bisa ngasih trik-trik ni aja, kalo soal bangus g bangusnya yoyo mas saya kurang tahu ya…..

  3. Mas,bisa ga kalo axle yoyo nya diganti, dari non-transaxle jadi transaxle? Biar bisa sleep lama.

    Kasih lagi dong trik diatas basic.

  4. itu lo mas kan ada sambungan lagi buat trik hyper ma supernya, tgl cari ja diblog ini juga, difolder hobi baru, disitu da kq….
    mkasih dah mau ngunjungi blog ini…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: