Berhenti merokok?


Merokok adalah tabiat buruk seseorang yang memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi diri perokok sendiri maupun orang-orang yang ada disekitarnya. Rokok adalah kumpulan dari bahan-bahan yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Antara lain adalah nikotin, zat ini sangat berbahaya bagi tubuh kita, apalagi bila nikotin ini dikonsumsi dalam ukuran yang banyak. Nikotin bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh terutama fungsi pernafasan kita, antara lain adalah paru-paru, hati dan jantung.
Dalam merokok dikenal istilah perokok aktif dan perokok pasif. Perokok aktif adalah orang yang merokok dan menghisap nikotin langsung dari rokok itu sendiri, sedangkan perokok pasif adalah orang yang ada didekat perokok aktif yang juga menghisap asap dari rokok yang mengandung nikotin juga. Menurut para ahli, perokok pasif memiliki tingkat bahaya lebih tinggi jika dibandingkan dengan perokok aktif. Hal ini dikarenankan perokok pasif selain menghisap gas nikotin, juga menghisap gas CO atau karbon monoksida yang berasal dari asap rokok. Gas ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia, apabila dikonsumsi dalam jumlah besar dan mengendap dalam paru-paru.
Merokok bisa menyebabkan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah besar dan lama. Antara lain adalah radang paru-paru, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan gangguan janin. Bagi perokok yang sudah akut masalahnya akan susah berhenti, maka kami selaku penulis akan memberikan cara-cara yang terbaik untuk berhenti dari tabiat buruk merokok.
Adapun cara-cara itu antara lain :
1.    Berhenti merokok dengan mendadak (cold turkey)
Merupakan cara yang cukup ekstrim bagi perokok aktif untuk berhenti dari merokok dengan menggunakan cara ini. Untuk berhenti merokok mendadak seperti ini dibutuhkan keberanian yang tinggi dan kemauan yang kuat pula. Karena tabiat yang sudah lama tertanam dalam diri ini tak akan dengan mudah hilang dengan sendirinya. Dibutuhkan waktu, serta dukungan dari orang-orang disekitar perokok yang selalu mengingatkan dan mengawasi sang perokok itu untuk berhenti dari merokok. Selain itu cara ini akan lebih efektif untuk perokok yang belum terlalu lama meroko, karena tingkat kecanduannya bisa ditekan dengan efektif oleh cara ini.

2.    Berhenti dengan menahan ketagihan nikotin
Cara ini menggunakan perantara dalam menangani berhenti dari tabiat merokok. Yaitu dengan menggunakan terapi nikotin. Tapi terapi ini tidak tetap tidak membiarkan perokok untuk merokok, tapi dengan mengkonsumsi chewing gum atau permen karet yang mengandung nikotin. Atau menggunakan plaster atau koyok yang mengandung nikotin dan nikotin dapat diambil dari kulit. Dengan cara ini nikotin dan zat berbahayalainnya bisa dikeluarkan dari tubuh secara sedikt demi sedikit dan kandungan zat berbahaya ini akhirnya bisa dikeluarkan dari tubuh secara keseluruhan.
Namun cara ini membutuhkan kewenangan dari para ahli ataupun dokter agar penggunaan chewing gum atau plaster ini bisa diawasi dan tidak menyebabkan ketagihan pula bagi sang pengguna cara ini. Karena dikeluarkan secara sedikit demi sedikit maka cara ini membutuhkan waktu yang lebih panjang dibandingkan cara-cara yang lain, apalagi bila sang perokok sudah lama merokok dan kandungan nikotin yang sudah menumpuk dalam badan pula. Selain itu selama perawatan dibutuhkan juga konseling untuk memotivasi sang perokok agar berhenti total dari aktifitas merokok ini dan tidak menggulangi tabiat buruk merokok ini.

3.    Berpuasa
Tabiat buruk merokok juga  bisa dihilangkan dengan melaksanakan ibadah puasa. Cara ini bagus dilaksanakan diwaktu bulan ramadhan. Selama berpuasa 30 hari ini kita mencoba untuk berhenti merokok dan mengisi waktu dengan ibadah. Lalu setelah kita bisa menahan keinginan dari merokok ini kita bisa meneruskan pada hari-hari berikutnya.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan memberikan perubahan bagi orang-orang yang memiliki keinginan kuat untuk berhenti dari tabiat merokoknya.

One Comment to “Berhenti merokok?”

  1. Teori berhenti merokok sudah banyak, tapi trik berhenti merokok mestinya hanya cocok dikemukakan xperokok, biar tahu ada jalan kesitu.
    Saya berhenti merokok karena himbauan isteri…maka saya lalu berhenti seketika saja tanpa banyak cokcakcokcik….
    Padahal saya merokok dengan membakar 2 batang sekaligus satu rokok putih dan yang satu rokok kretek. Rokoknya dikombinasi dari rokok apa saja, sehingga kombinasinya bisa membuat kita bisa menikmati macam-macam rasa… mulai rasa satu macam sampai yang kombinasi rasa.
    Berhenti saja kalo mau berhenti…. maka selesailah.
    Perokok yang susah berhenti kebanyakan setelah lebih 8 tahun merokok.
    Dibawah itu merokok lebih banyak dipaksa-paksakan dan tak ada susahnya berhenti.
    Perokok yang stop merokok dibawah 4 tahun jangan cepat-cepat mengatakan diri sudah berhenti… sebab masih dalam masa labil untuk kembali merokok dengan cara yang lebih ganas.
    Mau berhenti merokok ? BERHENTI SAJA. LANGSUNG
    Salam semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: