Hyper Level Yo-yo


HYPER LEVEL…!! Note: Untuk mempermudah pengertian dan mempersingkat penjelasan, tips ini ditujukan bagi mereka yang melempar yoyo dengan tangan kanan (right-handed). Untuk left-handed (kidal), cukup balik saja arah yang disebutkan dalam penjelasan trik

1.PINWHEEL Trik ini bisa kamu selipkan saat membuat trik kombinasi, untuk menambah gaya saat melakukan sebuah trik ombinasi. Yoyo digerakkan memutari tali. a.Lakukan sleeper yang kencang. b.Tarik tali yoyo sepanjang 7-10 cm dengan jempol kiri dari luar ke dalam c.Tangan kanan menarik tali ke bawah, pada saat bersamaan, yoyo akan melenting ke atas dengan bertumpu pada jempol kiri d.Segera jepit tali dengan jempol dan telunjuk kiri, buat gerakan memutar sehingga yoyo bergerak seperti kincir angin. e.Hentikan putaran dan tangkap yoyo.

2. MAGIC Tangan kamu sepertinya penuh dengan ikatan tali, tapi tiba-tiba…Sim salabim! Ikatan-ikatan itu lepas sempurna! Wow, gimana caranya? a.Lakukan Sleeper yang kencang b.Tempelkan punggung tangan kiri ke tali yoyo yang terurai, dari dalam. c.Dengan jari telunjuk kanan, ambil tali yoyo yang terenggang melalui sela jari telunjuk dan jempol kiri, lalu pelintir sedemikian rupa dan masukkan ke telunjuk kiri. d.Lalu lakukan hal yang sama, melalui sela jari telunjuk dan jari tengah kiri, masukkan ke jari tengah kiri. e.Lakukan lagi, melalui sela jari tengah dan jari manis kiri, masukkan ke jari manis kiri. f.Terakhir, lakukan hal yang sama, melalui sel jari manis dan kelingking kiri, masukkan ke kelingking kiri. g.Lepaskan lilitan yang terbentuk di jempol, lalu tarik tali yoyo ke arah atas. h.Tali akan terurai sepenuhnya, terlepas dari tangan kiri.

3. SIDE WINDER Trik ini berfungsi mengatur tegangan tali dengan lebih cepat dibanding trik UFO a.Lakukan lemparan sleeper miring ke kiri atau kanan, seperti akan melakukan trik UFO. b.Yoyo akan berputar dalam keadaan miring 90′, membuat semacam gelombang pada tali yoyo yang terurai di bawah. c.Sentak tali untuk membuat yoyo naik ke udara, dan begitu mencapai ketinggian lehermu, sentak yoyo dari samping untuk menangkapnya kembali. Pada dasarnya trik ini mirip trik UFO namun kamu tidak menggunakan telunjuk kirimu untuk mengangkat yoyo, melainkan langsung menyentaknya ke atas.

4. DOUBLE OR NOTHING Sudah bisa trik Trapeze alias Moonsault? Bagus, mari kita coba pengembangan dari trik itu. a.Lakukan breakaway, seperti saat melakukan trapeze b.Masih mirip dengan trapeze, cegat putaran tali dan yoyo akan menuju sisa tali c.Jangan daratkan yoyo ke sisa tali, melainkan biarkan dia memutari telunjuk kanan, dan kembali menuju ke kiri d.Saat yoyo memutar ke kiri, cegat tali lagi, dan daratkan yoyo di sisa tali depan e.Lepaskan tali di telunjuk kanan, lalu ayun telunjuk kiri untuk memutar yoyo yang masih tersangkut ke arah kiri f.Kamu bakal masuk ke posisi trapeze. Lepaskan yoyo seperti trapeze biasa

5. BARREL ROLL Setelah mengetahui apa itu mounted dan somersault, waktunya belajar satu lagi elemen trik kombinasi yoyo, yaitu “underpass” a.Lakukan sleeper yang kencang, lalu masuk ke posisi seperti akan melakukan brain twister namun kali ini telunjuk kiri ada di posisi lebih rendah dari telunjuk kanan. b.Bawa sisa tali ke arah belakang-dalam dengan jari kanan c.Selipkan telunjuk kanan ke tengah-tengah lilitan tali d.Dalam keadaan mounted itu, lakukan gerakan jari mendorong ke belakang, melewati yoyo, lalu ke arah depan. Gerakan ini yang disebut underpass. e.Bila melakukan dengan benar, telunjuk kanan akan berada di antara lilitan tali paling depan. f.Keluarkan telunjuk kanan dari lilitan dan ulangi langkah c dan d. Kamu bisa mengulangi underpass beberapa kali. g.Untuk menyudahi, urai semua lilitan ke arah dalam-depan, dan tangkap yoyo.

6. MOONSAULT BACKFLIP a.k.a TRAPEZE BACKFLIP Satu lagi trik yang memerlukan keahlian melakukan somersault a.Lakukan breakaway yang kencang, disusul trapeze. b.Saat yoyo sudah dalam keadaan trapeze, tempelkan telunjuk kanan ke mount trapeze di kiri, lalu buat gerakan memutar (seperti trik brain twister) ke kanan. c.Yoyo akan kembali pada posisi trapeze. d.Segera ayun kembali yoyo ke arah kiri dengan memutarkan telunjuk kanan mengelilingi telunjuk kiri e.Yoyo akan kembali ke posisi trapeze. f.Urai trik trapeze dan tangkap yoyo.

7. SPLIT THE ATOM Kali ini kita akan mencoba trik underpass yang cukup rumit. Dasarnya adalah trik Barrel Roll a.Lakukan sleeper yang kencang b.Dengan telunjuk kiri, angkat tali yoyo ke atas setinggi dada. c.Ayun tali yang menggantung supaya yoyo menuju ke tubuh kamu. Namun jangan diam saja, segera cegat tali yoyo yang mengayun dengan telunjuk kanan, sangkutkan seperti trik trapeze. Ini disebut posisi “Split Bottom Mount” d.Gerakkan yoyo ke tali di depan, melewati telunjuk kiri yang pada saat bersamaan digerakkan ke arah dalam-bawah. Bila melakukan dengan benar, maka kamu akan berada di posisi awal trik Barrel Roll e.Lakukan trik Barrel Roll f.Saat telunjuk kanan sudah di celah tali depan, lakukan tiga kali somersault seperti trik brain twister dalam keadaan begitu. g.Urai tali sepenuhnya dan tangkap yoyo.

8. ATOMIC FIRE Kalau menurut kamu Split the Atom sudah sulit, maka bersiap dengan yang satu ini! Kemampuan kamu melakukan underpass benar-benar akan diuji. a.Lakukan sleeper yang kencang b.Dengan telunjuk kiri, angkat tali yoyo ke atas setinggi dada. c.Ayun tali yang menggantung supaya yoyo menuju ke tubuh kamu. Namun jangan diam saja, segera cegat tali yoyo yang mengayun dengan telunjuk kanan, sangkutkan seperti trik trapeze. Ini disebut posisi “Split Bottom Mount” d.Gerakkan yoyo ke tali di depan, melewati telunjuk kiri yang pada saat bersamaan digerakkan ke arah dalam-bawah. Bila melakukan dengan benar, maka kamu akan berada di posisi awal trik Barrel Roll. e.Dalam keadaan ini, dorong tali dengan telunjuk kanan supaya yoyo melompati telunjuk kanan ke arah depan. Ingat, kamu melakukan semua ini dalam keadaan yoyo mounted (celahnya disangkuti tali) f.Bila dilakukan dengan benar, maka kamu akan kembali ke posisi “split bottom mount” g.Ulangi langkah d dan e beberapa kali. h.Untuk menyudahi, urai mount saat berada di posisi split bottom mount dan tangkap yoyo

9. SHOOT THE MOON Kali ini, kita akan belajar trik loop yang termasuk sukar. Yoyo ktia buat memantul-mantul di langit. Tidak terlalu sukar kalau kamu mau berusaha! a.Lakukan forward pass agak condong ke atas. b.Saat yoyo kembali, putar pergelangan tangan kamu dan sentak dengan cepat (seperti saat melakukan loop the loop) ke belakang-atas. c.Saat yoyo kembali ke bawah, segera sentak cepat ke arah depan-atas. d.Ulangi langkah b dan c beberapa kali. e.Tangkap yoyo saat yoyo kembali dari depan.

FINAL TRICK Trik tersulit dari semua trik di 30-basic trick, dimana kita bermain dengan menggunakan dua yoyo sekaligus!!

10. DOUBLE LOOP Dari semua trik di 30-basic trick, ini yang tersulit, namun sekaligus yang paling mempesona orang-orang saat melihatnya. Oleh karena itu, coba kuasai. Untuk mempermudah, sebaiknya kamu sudah lancar melakukan trik loop the loop, baik dengan tangan kiri maupun dengan tangan kanan. a.Seperti disebutkan tadi, lancarkan loop the loop dengan tangan kanan b.Lalu dengan tangan kiri. c.Saat kedua tangan kamu bisa melakukan loop sama lancarnya, maka kita akan mulai trik ini. d.Lemparkan yoyo di tangan kanan e.Saat yoyo tangan kanan mulai kembali, lemparkan yoyo tangan kiri f.Saat yoyo kanan kembali, sentak pergelangan tangan ke depan untuk meloop. Pada saat bersamaan seharusnya yoyo kiri mulai kembali ke arahmu. g.Lakukan hal yang sebaliknya dari langkah f, dan seterusnya. h.Prinsipnya. satu yoyo pergi, satunya lagi kembali.

2 Komentar to “Hyper Level Yo-yo”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: