Jenis Yo-yo


Tipe Yo-Yo

macam-Bentuk
4 macam bentuk
Butterfly = Kupu-kupu
Celah lebar, digunakan untuk trik-trik Tali, yang melingkar diantara celah yo-yo. jarak celah yang melebar memudahkan tali untuk masuk kedalamnya dan memperkecil gesekan antara tali dan body yo-yo, sehingga yo-yo bisa berputar lebih lama.


Imperial, merupakan bentuk klasik merupakan bentuk generasi awal dari Yo-yo, yaitu berbentuk Bola, yang bagian tangahnya di beri celah, bentuk ini biasanya digunakan untuk trik dasar naik turun dan waktu putaran yo-yo diujungtali (sleeper) tidak begitu lama dan bahkan digunakan untuk Looping (berputar balik) saja.

Modified
bentuk ini memiliki celah sedikit lebih lebar dari bentuk klasik/imperial, sehingga masih memungkinkan untuk menyangkutkan tali diantara celahnya, bagi sebagian pemain, bentuk ini lebih sering digunakan untuk melakukan trik-trik dasar bermain yo-yo… karena masihbisa melakukan trik looping.

Russel
Merupakan penemuan dari pemain Yo-yo bernama Russel, perkembangan dari bentuk Kombinasi antara Modifikasi dengan bentuk imperial, bentuk ini didesain untuk bisa melakukan trik Tali dan trik Looping.

Perbedaan Bahan
Terracota = Tanah liat, dipakai oleh orang-orang yunani kuno untuk membuat yo-yo 2500tahun yang lalu. Pada zaman ini yo-yo digunakan sebagai bagian dari upacara persenbahan kepada-dewa. sebagai upacara anak yang menganjak dewasa.

Yo-Yo Kayu

kayu
Merupakan bahan paling populer sejak yo-yo di produksi di amerika sejak tahun 30an, Kayu merupakan bahan yang masih digunakan hingga saat ini.

Yo-Yo kayu mengambil bentuk dari Freehand Zero buatan Eric wolf USA

Bambu
sejak tahun 2008, perusahaan yo-yo dari amerika membuat yo-yo dari bambu, dengan cincin pemberat yang terbuat dari aluminum. Bambu merupakan bahan terbaik alam untuk membuat yo-yo, selain lentur, kerapatannya lebih tinggi dari pada kayu sehingga berat dan bentuk yang diinginkan bisa terprediksi dengan baik.

yo-yo plastik paling populer saat ini (diatas adalah Duncan freehand Zero)

Plastik
Bahan yang paling banyak digunakan saat ini, bahan plastik memungkinkan berbagai bentuk yang diinginkan. berbagai macam kualitas plastik bisa dibuat untuk menekan cost produksi, hingga karakteristik plastik yang bisa menyerupai logam.

Logam
bahan Logam atau aluminum
merupakan bahan Yo-Yo yang paling prestise.
memiliki keseimbangan, kekuatan dan finishing yang paling bagus.
kekuatan Body yo-yo yang baik adalah, ketika terbentur dia tidak merubah struktur/ bentuk tetapi hanya merusak permukaannya saja.

Freehand Magnesium, salahsatu dari yo-yo termahal saat ini dengan harga $450
BareBones dari DifEYo, yo-yo metal yang mengantarkanku menjadi juara di 30 detik menjadi bintang tahun 2005

Combined

Merupakan gabungan antara dua atau lebih bahan yang berbeda.

yang paling umum adalah gabungan antara plastik dan logam, Logam disimpan dalam bibir yo-yo sehingga memiliki daya putar yang lebih tinggi.

Hitman… yang membuat saya jatuh cinta di tahun 2004, combinasi antara Plastik dengan besi, sehingga mempunyai gaya sentrifugal tinggi

berbagai corak Hitman Yo-Yo dari Yoyojam

jenis respon yo-yo 3 jenis respon

a. responsive
ketika yo-yo dimainkan, akan mudah kembali ke tangan
Trik ini baik digunakan untuk trik looping dan atau Double looping.

b. auto return
sistem respon ini disebut juga sistem pintar, karena yo-yo akan otomatis kembali ke tangan jika putarannya sudah melemah. Biasanya cocok digunakan oleh pemula. Saat mereka belajar melempar yo-yo. Jika lemparannya sudah kuat dan baik, maka putaran di ujung tali akan lebih lama.

c. Unresponsive
sistem unresponsive ini adalah merupakan respon yang paling banyak diminati oleh para pemain string tricks… ketika yo-yo di tarik, yo-yo tidak akan kembali ke tangan. melainkan akan terus berputar diujung tali. untuk mengembalikannya digunakan cara khusus, yaitu dengan mengganjal dengan tali yo-yo itu sendiri… atau dinamakan istilah BIND.
banyak pula teknik2 Bind dalam yo-yo.

beragam yo-yo metal dari ANTI-Yo, yang berbentuk Butterfly dan sudah di setting unresponsif

Untuk pemula dianjurkan berbahan plastik
berbentuk Butterfly
dengan sistem respon yang responsive.

Jenis yang bisa digunakan yaitu bentuk Butterfly untuk string tricks dan Modified untuk trik Looping…

Perkembangan yo-yo diIndonesia dimulai tahun 1999 saat Juara Dunia Yo Hans datang untuk mempromosikan suatu produk Yo-Yo buatan AMERIKA. Ini juga membuat makin tingginya kecintaan orang terhadap yo-yo di ASIA – Malaysia, Singapura, Indonesia dan Jepang.
Tahun 2001 di Indonesia mengalami Penurunan peminat karena susahnya produk yo-yo yang tersedia di indonesia. Karena beberapa produk sudah habis terjual.

Heavy Gravity Yo-Yo, yoyo plastik dengan pemberat plastik yang lebih lentur pada bibir yo-yo

Pada tahun 2005 yo-Yo mulai rame meski tidak terlalu Booming, namun beberapa orang pecinta yo-yo sudah berkumpul sejak saya mendirikan klub Yo-Yo Indonesia pada pertengahan tahun itu. sejak itu Agenda dan acara yo-yo berlangsung meski tidak booming seperti saat ini. ini diakibatkan dari efek serial TV dari China…
Kegemaran terhadap mainan tertua kedua didunia ini akan terus terjadi meski sedikit-sedikit beberapa pemain akan tersaring oleh seleksi alam… dan pemain-pemain yang benar-benar cinta akan terus mengisi hidupnya dengan yo-yo. namun pada suatu saat nanti akan berkembang dan muncul lagi…

kejadian ini sudah sering terjadi sejak tahun 30-an… dan keberadaan yo-yo seperti permainan itu sendiri… kadang naik dan kadang-kadang turun.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: