Golongan Pemanis


Pemanis buatan, dari kata-katanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa topik yang sedang dibahas adalah zat yang dapat menimbulkan rasa manis bila dirasakan indra perasa lidah. Kata pertama yang terlintas saat mendengar kata pemanis pasti adalah gula, karena gula memang salah satu jenis pemanis, namun jenis pemanis alami yang berasal dari tebu.

Sedangkan zat pemanis buatan adalah zat yang dapat menimbulkan rasa manis namun bukan berasal dari bahan alam, melainkan dibuat dengan cara mencampurkan bahan-bahan tertentu sehingga menjadi bahan yang dapat digunakan untuk menciptakan rasa manis dalam makanan maupun minuman.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi pemanis (baik pemanis alami maupun buatan) dapat menimbulkan efek samping ataupun gangguan kesehatan yang berbahay untuk tubuh. untuk pemanis alami antara lain seperti diabetes, karies gigi, dan obesitas. sedangkan untuk konsumsi pemanis buatan yang berlebihan dapat menyebabkan pusing, mual, dan yang paling parah adalah kanker.

mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang perbedaan pemanis alami dan pemanis buatan. secara umum perbedaanya adalah cara atau metode pembuatannya yang sangat berbeda. selain itu nilai kalori yang dihasilkan oleh pemani buatan lebih kecil bila dibandingkan dengan pemanis alami. namun untuk tingkat kemanisan, pemanis buatan lebih manis berpuluh kali bahkan ribuan kali daripada pemanis alami.

maka daripada itu kenapa pemanis buatan lebih sering digunakan untuk golongan tertentu seperti orang-orang yang membutuhkan diet kalori gula, penderita diabetes dan lain sebagainya.

golongan pemanis alami antara lain :

  1. gula,
  2. madu,
  3. gula bit,
  4. gula aren,

sedangkan untuk golongan pemanis buatan antara lain :

  1. aspartam,
  2. sakarin,
  3. siklamat,
  4. xylitol,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: